SAPK (Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian)

5854 views

Belum terintegrasinya data PNS satu sama lain kerap mengakibatkan terjadinya duplikasi data yang kemudian menyebabkan inefisiensi dalam menangani masalah kepegawaian. Menyikapi hal tersebut BKN mengembangkan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) online yang menggunakan satu basis data PNS dan berbasis web sehingga dapat digunakan kapan dan dimana saja.

SAPK digunakan dalam berbagai proses layanan kepegawaian seperti penetapan NIP, pencetakan surat keputusan pengangkatan CPNS/PNS, pemberian nota persetujuan/ pertimbangan teknis kenaikan pangkat, pencetakan surat keputusan kenaikan pangkat, penetapan dan pencetakan surat keputusan pemberhentian dengan hak pensiun dan updating data mutasi.
Fasilitas akses disediakan untuk seluruh Badan Kepegawaian Daerah Propinsi/Kabupaten /Kota ataupu Biro Kepegawaian di Instansi Pusat. Bagi instansi yang sudah teregister di BKN akan diberikan kode akses yaitu user-id dan password, sehingga dapat mengakses database kepegawaian yang ada di BKN.

Tujuan penerapan SAPK berbasis Web adalah :

  • Tersedianya database kepegawaian yang akurat dan up to date yang dapat digunakan sebagai bahan perencanaan, pembinaan, pengembangan, serta pangambilan kebijakan manajemen kepegawaian;
  • Standardisasi Sistem Informasi Kepegawaian untuk pelayanan kepegawaian;
  • Meningkatkan efisiensi dan efektifitas;
  • Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas;sapk
  • Menerapan e-goveverment dan good governance;
  • Meningkatkan public image pemerintah;
  • Meningkatkan kerjasama antar instansi pemerintah;
  • Meminimalisasi digital devide SDM pengelola data kepegawaian.

 

Sasaran SAPK :

  1. Efisiensi pada setiap proses kegiatan
  2. Akurasi informasi data kepegawaian
  3. Pelayanan modern, cepat dan akurat
Tags:
No Response

Comments are closed.