Provinsi Sumatera Barat

Peta Sumatera Barat

Sumatera Barat adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera dengan Padang sebagai ibu kotanya.Sesuai dengan namanya, wilayah Provinsi ini menempati sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.Dari utara ke selatan, Provinsi ini berbatasan dengan empat Provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

 

Garis pantai Provinsi ini seluruhnya bersentuhan dengan Samudera Hindia sepanjang 2.420.357 km dengan luas perairan laut 186.580 km².Kepulauan Mentawai yang terletak di Samudera Hindia termasuk dalam Provinsi ini. Provinsi ini memiliki daratan seluas 42.297,30 km² yang setara dengan 2,17% luas Indonesia. Dari luas tersebut, lebih dari 45,17% merupakan kawasan yang masih ditutupi hutan lindung. Garis pantai Provinsi ini seluruhnya bersentuhan dengan Samudera Hindia sepanjang 2.420.357 km dengan luas perairan laut 186.580 km².Kepulauan Mentawai yang terletak di Samudera Hindia termasuk dalam Provinsi ini.

 

Provinsi ini dikaruniai dengan budaya dan keindahan alamnya yang sulit dicarikan tandingannya.Tidak mengherankan kalau Sumatera Barat telah lama dikenal sebagai daerah tujuan wisata bagi wisatawan. Perjalanan ke Bukittinggi, suatu daerah yang beriklim sejuk dilingkungi oleh gunung-gunung dengan nagari-nagari tradisional serta tatanan kehidupan yang masih bertahan selama berabad-abad, atau berkunjung ke Padang menelusuri ibu kota Provinsi dengan masakan Padang yang terkenal sampai ke Mancanegara, dan perjalanan ke daerah-daerah cagar alam yang semuanya tidak akan pernah begitu saja dilupakan wisatawan atau siapun yang pernah mengunjunginya.

 

Provinsi ini terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

 

Demografi :

  • Suku

Mayoritas penduduk Sumatera Barat merupakan suku Minangkabau. Di daerah Pasaman selain etnis Minang, juga berdiam suku Batak dan suku Mandailing. Kedatangan mereka ke Sumatera Barat terutama pada masa Perang Paderi. Di beberapa daerah transmigrasi, seperti di Sitiung, Lunang Silaut, dan Padang Gelugur, terdapat pula suku Jawa.

Di Kepulauan Mentawai yang mayoritas penduduknya beretnis Mentawai, jarang dijumpai masyarakat Minangkabau. Etnis Tionghoa hanya terdapat di kota-kota besar, seperti Padang, Bukittinggi, dan Payakumbuh. Di Padang dan Pariaman, juga terdapat masyarakat Nias dan Tamil dalam jumlah kecil.

  • Agama

Islam adalah agama mayoritas yang dipeluk oleh sekitar 98% penduduk Sumatera Barat. Selain itu ada juga yang beragama Kristen terutama di kepulauan Mentawai sekitar 1,6%, Buddha sekitar 0,26%, dan Hindu sekitar 0,01%, yang dianut oleh masyarakat pendatang

  • Bahasa

Bahasa yang digunakan dalam keseharian ialah Bahasa Minangkabau yang memiliki beberapa dialek, seperti dialek Bukittinggi, dialek Pariaman, dialek Pesisir Selatan, dan dialek Payakumbuh. Di daerah Pasaman dan Pasaman Barat yang berbatasan dengan Sumatera Utara, juga dituturkan Bahasa Batak dialek Mandailing. Sementara itu di daerah kepulauan Mentawai banyak digunakan Bahasa Mentawai.

 

Tabel Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Barat

No Instansi Ibu Kota
1 Kabupaten Agam Lubuk Basung
2 Kabupaten Dharmasraya Pulau Punjung
3 Kabupaten Kepulauan Mentawai Tuapejat
4 Kabupaten Limapuluh Kota Sarilamak
5 Kabupaten Padang Pariaman Parit Malintang
6 Kabupaten Pasaman Lubuk Sikaping
7 Kabupaten Pasaman Barat Simpang Empat
8 Kabupaten Pesisir Selatan Painan
9 Kabupaten Sijunjung Muaro Sijunjung
10 Kabupaten Solok Arosuka
11 Kabupaten Solok Selatan Padang Aro
12 Kabupaten Tanah Datar Batu Sangkar
13 Kota Bukittinggi Bukittinggi
14 Kota Padang Padang
15 Kota Padangpanjang Padangpanjang
16 Kota Pariaman Pariaman
17 Kota Payakumbuh Payakumbuh
18 Kota Sawahlunto Sawahlunto
19 Kota Solok Solok