Provinsi Kepulauan Riau

KEPULAUAN RIAU merupakan Provinsi baru hasil pemekaran dari Provinsi Riau. Provinsi Kepulauan Riau merupakan Provinsi ke-32 yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2002 tanggal 24 September 2002. Secara de jure Provinsi Kepulauan Riau berdiri tahun 2002, akan tetapi secara de factor operasional penyelenggaraan pemerintahan baru dimulai tanggal 1 juli 2004. Provinsi  Kepulauan Riau berbatasan dengan :

 

Sebelah Utara                       : Negara Vietnam dan Negara Kamboja
Sebelah Selatan                    : Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Jambi
Sebelah Barat                        : Negara Singapura, Negara Malaysia dan   ProvinsiRiau
Sebelah Timur                      : Negara Malaysia dan Provinsi Kalimantan Barat

 

Peta Kepulauan Riau

 Provinsi Kepulauan Riau merupakan wilayah kepulauan seluas 425.214,67 Km2, terdiri dari wilayah daratan seluas 9.982,88 Km2 dan wilayah lautan seluas 415.231,79 Km2. Dengan demikian luas laut Provinsi Kepulauan Riau sekitar 97% dan luas daratan sekitar 3%. Daratan di Provinsi kepulauan Riau merupakan bentangan pulau-pulau yang tersebar membujur dari Selat Malaka sampai dengan perbatasan Pulau Kalimantan, dari Laut Cina Selatan hingga perbatasan Sumatera yang berjumlah 2.408 pulau.

 

Provinsi Kepulauan Riau merupakan gerbang wisata dari mancanegara kedua setelah Pulau Bali. Jumlah wisatawan asing yang datang berkunjung mencapai 1,5 juta orang pada tahun 2005. Objek wisata di Provinsi Kepulauan Riau antara lain adalah wisata pantai yang terletak di berbagai kabupaten dan kota. Pantai Melur, Pulau Abang dan Pantai Nongsa di kota Batam, Pantai Pelawan di Kabupaten Karimun, Pantai Lagoi, Pantai Tanjung Berakit, Pantai Trikora, dan Bintan Leisure Park di kabupaten Bintan. Kabupaten Natuna terkenal dengan wisata baharinya seperti snorkeling.

 

Selain wisata pantai dan bahari, Provinsi Kepulauan Riau juga memiliki objek wisata lainnya seperti cagar budaya, makam-makam bersejarah, tarian-tarian tradisional serta event-event khas daerah. Di kota Tanjungpinang terdapat pulau Penyengat sebagai pulau bersejarah karena di pulau ini terdapat masjid bersejarah dan makam-makam Raja Haji Fisabililah dan Raja Ali Haji yang kedua-duanya adalah pahlawan nasional.

 

Demografi :

  • Suku

Suku bangsa yang terdapat di Provinsi Kepulauan Riau adalah Melayu (35,6%), Jawa (22,2%), Tionghoa (9,3%), Minangkabau (9,3%), Batak (8,1%), Bugis (2,2%), Banjar (0,7%). 

  • Agama

Islam, Kristen, Buddha, Khonghucu, Katolik dan Hindu

  • Bahasa

Bahasa yang dipakai adalah bahasa resmi yaitu Bahasa Indonesia dan ada juga yang menggunakan bahasa Melayu.

 

Tabel Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau

No Instansi Ibu Kota
1 Kabupaten Bintan Bandar Seri Bentan
2 Kabupaten Karimun Tanjung Balai Karimun
3 Kabupaten Kepulauan Anambas Tarempa
4 Kabupaten Lingga Daik
5 Kabupaten Natuna Ranai
6 Kota Batam Batam
7 Kota Tanjungpinang Tanjungpinang