Peran Diklat Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia

1916 views

Pegawai Negeri Sipil sebagai salah satu unsur Aparatur Negara mempunyai peranan sangat strategis dalam penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan. Sosok PNS yang memiliki pengetahuan yang luas dan mempunyai keterampilan serta perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai moral dan etika yang baik menjadi idaman masyarakat luas.

Dalam dewasa ini pengelolaan pegawai dalam organisasi telah bergeser dari pendekatan administrasi kepegawaian menjadi manajemen sumber daya manusia. Secara ringkas manajemen sumber daya manusia adalah proses pengadaan sumber daya paling penting bagi suatu organisasi, yaitu sumber daya manusia, Salah satu manajemen SDM adalah mengembangkan kapasitas, pengembangan kapasitas ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi agar diperoleh kinerja yang optimal.

Salah satu kewajiban dan tugas pokok suatu organisasi adalah melaksanakan pengembangan pegawai. Pengembangan pegawai ditujukan untuk meningkatkan kompetensi agar diperoleh kinerja yang optimal. Ada beberapa cara pengembangan pegawai, satu diantaranya adalah melalui pendidikan dan pelatihan, Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) adalah suatu kegiatan untuk memperbaiki kemampuan kerja seorang pegawai. Diklat membantu pegawai dalam memahami suatu pengetahuan praktis dan penerapannya, guna meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang diperlukan oleh organisasi dalam usaha mencapai tujuannya.

No Response

Comments are closed.